Recents in Beach

Air Terjun Ngesong Seloprojo, Rute dan Harga Tiket Masuknya

Air Terjun Ngesong Seloprojo

Mungkin dengan mendengar kata Ngesong banyak diantara masyarakat yang masih bingung apa itu sebenarnya. Ngesong merupakan sebuah nama objek wisata yang berada di daerah Magelang dengan nuansa alam berupa air terjun yang indah dan tersembunyi. Keberadaanya memang masih jarang diketahui oleh masyarakat padahal air terjun ngesong berada di sebelah air terjun Sumuran.

Air terjun ngesong berada di Seloprojo, kecamatan Ngablak, kab. Magelang, Jawa Tengah. Jarak dari air terjun Sumuran menuju ke air terjun Ngesong juga tidak terlalu jauh sekitar 300 meter saja. Lokasi wisata air terjun Seloprojo akan lebih ramai diserbu para travelers di hari sabtu minggu dan hari libur nasional.

Keberadaan air terjun ini sudah diketahui warga sekitar sejak lama. Namun baru akhir akhir ini mulai dikembangkan menjadi objek wisata dan dipromosikan. Keindahan air terjun ngesong juga tidak kalah menarik dengan air terjun sumuran yang berada di sebelahnya. Keberadaanya yang diapit gunung Telomoyo dan gunung Andong membuat air terjun Ngesong bernuansa alam yang eksotis.

Air terjun ngesong memiliki ketinggian hampir sama dengan air terjun sumuran yakni sekitar 30 meter. Jika cuaca sedang cerah dan sinar matahari tidak tertutup awan maka akan nampak biasan pelangi di bawah jatuhan air. Jika beruntung pengunjung akan dapat menyaksikannya secara langsung.

Lokasi Dan Rute Air Terjun Ngesong

Rute menuju ke air terjun Ngesong, untuk kesini jalurnya masih sama menggunakan rute air terjun sumuran. Paling mudah adalah dari arah jalur alternatif Salatiga ambil arah ke Kopeng. Kemudian ikuti jalan sampai ke Getasan. Sampai di tikungan yang dikiri jalan ada pom bensin mininya ambil arah ke gang persis di kanan jalan. Ikuti jalanan yang ada sampai menemukan spanduk besar menandakan air terjun Sumuran.

Lokasinya berada sesudah air terjun Kalipancur dan sebelum air terjun Sekar Langit. Rute yang paling mudah berikutnya jika dari arah Magelang menggunakan rute pasar Ngablak ambil gang di kiri jalan yang ada spanduk air terjun Seloprojo. Untuk menuju kemari dapat menggunakan transportasi berupa sepeda atau sepeda motor. Jika ingin menggunakan mobil maka lokasi parkirnya bisa dititipkan dihalaman warga sekitar. Karena tidak memungkinkan membawa mobil sampai ke depan tiket masuk.

Medan menuju ke air terjun Ngesong

Medannya berupa tanjakan dan tikungan tajam. Jalanan sudah beraspal halus dan nyaman untuk dilewati. Disepanjang jalan pengunjung bisa melihat keindahan gunung Telomoyo dan area persawahan warga sekitar. Harga tiket update Desember 2015: Rp.5.000/orang sudah termasuk parkir

Setelah membayar tiket masuk kini saatnya pengunjung menjelajahi isi objek wisata desa Seloprojo. Ikuti jalan setapak yang ada didepan tiket masuk kurang lebih 200 meter maka akan ada persimpangan. Kalau ke kanan adalah arah menuju ke air terjun Sumuran jika ke kiri adalah ke air terjun Ngesong.

Perjalanan menuju ke air terjun Ngesong berupa jalan setapak tanah liat merah dan dikelilingi pepohonan pinus. Medannya tidak terlalu berat. Hanya berjarak sekitar 200 meter dari persimpangan tadi. Bedanya air terjun ngesong dan sumuran yakni air terjun ngesong masih benar benar alami dan belum ada tanda tanda bangunan yang dibangun disekitarnya. Jika air terjun sumuran jelas sudah diperindah dengan adanya gazebo yang ada dibawahnya dan dibawah air terjun persis terdapat kolam penampungan yang dihiasi dengan ornamen singa yang seolah olah menyemburkan air.

Air terjun ngesong dikelilingi oleh pohon bambu. Dibawahnya terdapat bongkahan batu batuan besar. Dinding air terjun berbentuk lurus rapi. Di tengah tengahnya terdapat retakan seperti pergeseran batu. Airnya sangat dingin dan segar karena didatangkan langsung dari pegunungan. Jika beruntung maka pengunjung bisa melihat biasan pelangi yang muncul di bawah jatuhnya air.

Jika pengunjung ingin bermain air disini ruang gantinya berada di dekat air terjun Sumuran. Dan jika ingin membuang sampah harap disimpan dulu sampahnya sampai dibawah karena disini masih belum terdapat tempat sampah. Jangan sampai lokasi wisata dan panorama yang indah ternodai dengan kotoran yang malah datangnya dari pengunjung itu sendiri.

Posting Komentar

0 Komentar