3 Cara Memilih Susu Pertumbuhan Anak Usia 1-5 Tahun

Anak usia 1-5 tahun merupakan usia anak dimana tumbuh kembang anak harus selalu diperhatikan agar pertumbuhannya dapat maksimal. Salah satu untuk mendukung pertumbuhan anak adalah dengan memberinya susu pertumbuhan. Susu pertumbuhan ini tersedia beraneka ragam. Lantas, bagaimana cara memilihnya secara tepat? Simak tipsnya berikut ini.

1. Sesuaikan dengan Usia

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih susu sesuai dengan usia anak. Setiap susu biasanya diformulasikan sesuai dengan kebutuhan gizi anak berdasarkan usianya masing-masing. Untuk mengetahui hal ini, Anda bisa melihat dari label pada box atau kaleng susu. Biasanya akan tertera dikhususkan untuk anak usia berapa saja.

Jangan coba-coba untuk memberikan susu formula ukuran di atasnya kepada anak, apalagi untuk anak usia 1 tahun. Hal ini dikarenakan pencernaan anak yang masih belum sempurna sehingga racikan susu formula disesuaikan dengan usia agar anak tidak mengalami gangguan pencernaan. Perhatikan pula untuk takaran penyajiannya agar sesuai dengan pencernaan anak.

2. Perhatikan Jenis Susu

Biasanya susu formula pertumbuhan anak berasal dari susu sapi. Namun, ada kasus juga jika anak alergi dengan susu sapi. Maka, pemilihan jenis susu menjadi hal yang penting. Jika anak Anda alergi terhadap susu sapi atau memiliki intoleransi laktosa, susu formula dari kedelai bisa menjadi pilihan.

Selain sumber susu, rasa susu juga harus disesuaikan dengan kesukaan anak. Susu pertumbuhan yang banyak beredar mempunyai berbagai rasa. Pilihlah rasa yang disukai anak agar anak doyan minum susu.

3. Perhatikan Kandungan Gizi

Kandungan gizi anak juga harus diperhatikan karena kandungan zat aktifnya yang dapat menstimulasi pertumbuhan anak. Susu bagus untuk pertumbuhan karena kandungan protein, vitamin, mineral, dan zat aktifnya.

Protein ini berfungsi dalam membangun antibodi dan membentuk atau menggantikan jaringan tubuh yang rusak. Sedangkan, vitamin dan mineralnya seperti vitamin D dan kalsium berguna bagi pertumbuhan otot, tulang, dan gigi anak. Zat aktif lainnya seperti omega 3 dan prebiotik juga diperlukan guna menstimulasi kecerdasan otak anak.

Kandungan gizi pada susu pertu juga disesuaikan dengan usia anak. Seperti untuk anak usia 1-3 tahun, anak membutuhkan asupan protein sekitar 26 g, kalsium 650 mg, dan kalori 1125 kkal. Sedangkan untuk anak usia 4-5 membutuhkan asupan protein sekitar 35 g, kalsium 1000 mg, dan kalori 1600 kkal. Oleh sebab itu, pastikan anak mendapatkan susu formula yang pas dengan usianya.

Itu dia cara memilih susu pertumbuhan anak yang bisa Anda coba. Untuk mendukung pertumbuhan anak, pilihlah susu yang sesuai dengan usia dan kesukaan anak. Walaupun susu merupakan minuman penuh gizi, namun anak tetap harus mendapatkan asupan tambahan dari makanannya agar pertumbuhan anak menjadi maksimal. (Politik Rakyat)

Post a Comment

Previous Post Next Post