Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula Sebelum Olahraga

                        

Kalau yang suka berolahraga di pagi hari, tidak sedikit yang merasakan rasa kantuk atau bahkan lemas. Jika kamu juga mengalami hal tersebut, coba minum kopi tanpa gula sebelum olahraga.

Banyak penelitian yang menyebutkan jika minum kopi sebelum olahraga membuat tubuh menjadi segar dan tidak ngantuk lagi. Lantas, apakah hal tersebut benar adanya? Apakah boleh minum kopi sebelum olahraga?

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di berbagai negara, kamu akan mendapat banyak manfaat menyehatkan jika minum kopi sebelum olahraga di pagi hari. Bagi yang penasaran, kamu bisa simak manfaat berikut.

Ini Manfaat Minum Kopi Sebelum Olahraga

Disarankan minum kopi sebelum melakukan olahraga bukannya setelah olahraga. Pasalnya setelah olah yang dibutuhkan tubuh adalah asupan nutrisi untuk memulihkan tubuh setelah olahraga.

Sedangkan jika minum kopi sebelum olahraga, kandungan kafein di dalam kopi bisa memberikan sensasi olahraga yang lebih optimal.  Untuk lebih jelasnya, simak manfaat minum kopi tanpa gula sebelum olah berikut :

1. Mencegah nyeri pada otot

Berdasarkan penelitian yang dilakukan University of Illinois di Amerika Serikat (AS), minum kopi setidaknya satu jam sebelum melakukan olahraga bisa mencegah nyeri pada otot saat olahraga.

Hasil penelitian tadi juga telah dibuktikan para ahli yang berasal dari University of Georgia di Amerika Serikat. Minum kopi setidaknya satu jam sebelum melakukan olahraga bisa mengurangi rasa nyeri pada tubuh sampai 48 persen.

Hal tersebut membuat tubuh semakin nyaman saat melakukan olahraga. Belum lagi juga cocok untuk segala aktivitas gerakan berat dalam olahraga yang ingin dilakukan secara intensif.

2. Melancarkan sirkulasi darah pada tubuh

Ahli yang ada di University of Ryukyus di Jepang juga berhasil membuktikan jika minum kopi sebelum olahraga mampu melancarkan sirkulasi darah sampai 30 persen dibanding tidak minum kopi sebelum olahraga.

Jika aliran darah dalam tubuh lancar, biasanya seluruh tubuh seperti jaringan otot dan tulang yang selalu mendapat suplai oksigen serta sel darah putih yang mencukupi.

Hal tersebut membuat kinerja otot dan tulang menjadi terbantu selama sedang bergerak atau melakukan aktivitas olahraga di pagi hari. Efeknya akan membuat performa olahraga menjadi lebih baik.

3. Meningkatkan ketahanan fisik

Penelitian yang dilakukan Journal of Applied Physiology juga membuktikan jika minum kopi tanpa gula sebelum olahraga membantu meningkatkan ketahanan pada fisik seseorang.

Hal tersebut membuat tubuh menjadi bugar dan tidak lemas saat melakukan aktivitas olahraga. Selain itu juga membuat pikiran menjadi agak enteng dan tidak ada beban saat melakukan olahraga.

Ternyata minum kopi tanpa gula sebelum olahraga punya banyak sekali manfaat. Oleh karena itu, biasakan minum kopi sebelum melakukan olahraga rutin. Efeknya pasti membuatmu jadi tercengang. (Politik Rakyat)

Post a Comment

Previous Post Next Post